HAJAR JAUH DIABETES: TINGKATKAN AKTIVITAS FISIK!

Dulu saat masih era berburu, manusia purba lebih banyak bergerak, keluar masuk hutan mencari hewan buruan untuk dimakan. Sekarang, tuntutan hidup berubah. Sebagian besar dari kita ‘mencari makan’ dengan duduk diam di hadapan komputer untuk menganalisa berbagai hal. Efeknya, aktifitas fisik berkurang dan resiko penyakit meningkat!

Setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan mengapa kita harus meningkatkan aktifitas fisik kita. Pertama, demi penampilan terbaik kita dengan tubuh ideal. Kedua, mencegah obesitas dan berbagai penyakit seperti jantung, stroke, bahkan diabetes. Ya, termasuk diabetes, karena ternyata olahraga dapat membantu mengontrol berat badan ideal dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain dengan olahraga, Anda juga bisa membiasakan diri melakukan aktivitas fisik-yang mudah dan secara tidak sadar bisa membuat Anda lebih sehat. Berikut tips-tipsnya:

  1. Daripada mengunyah cemilan, cobalah untuk berolahraga, skipping, squat jump, atau jogging di tempat selagi menunggu jeda iklan TV.
  2. Stretching sejenak setiap jam dapat membuat tubuh menjadi rileks, selain dapat melatih fleksibilitas Anda.
  3. Parkir mobil Anda lebih jauh dari biasa, kemudian berjalanlah sampai ke tujuan. Hal ini memicu Anda untuk berolahraga.
  4. Luangkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan sit-up atau push-up begitu Anda bangun pagi. Ayo, Anda kuat berapa melakukan itu selama 5 menit? Tingkatkan terus target Anda.
  5. Alih-alih menggunakan lift atau eskalator, gunakan tangga. Jika Anda berkantor di lantai 15, Anda bisa naik lift sampai lantai 10 atau 12 dan hajar sisanya dengan menaiki tangga.
  6. Angkat barbel atau botol berisi air selagi menonton TV.
  7. Berdiri sewaktu menelpon. Lumayan, karena ini ternyata juga bisa membakar kalori.
  8. Daripada membawa mobil ke tempat cuci mobil, Anda bisa mencuci mobil sendiri. Lebih hemat, lebih sehat! Bahkan, Anda bisa jadikan ini sebagai aktivitas bersama pasangan atau bahkan anak Anda.
  9. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Selain lebih green, berjalan kaki dan bersepeda adalah alternatif yang lebih sehat
  10. Berikan liburan sehari pada asisten rumah tangga Anda! Ya, Anda bisa (membakar kalori) dengan membersihkan rumah sendiri.
  11. Punya binatang peliharaan? Bagus, selain bisa mengurangi stres, tubuh Anda pun bisa semakin banyak bergerak misalnya dengan mengajak anjing Anda berkeliling kompleks.

One Comment

  • I was extremely pleased to discover this page. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and I have you bookmarked to look at new information on your web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top