You Are What You Eat

HEALTHY LIFE 101 : YOU ARE WHAT YOU EAT!

Ya, apa yang kita makan menentukan kualitas hidup kita, terutama terkait kesehatan. Hebatnya, apa yang kita makan saat ini bukan hanya menentukan kesehatan kita sekarang saja, tapi juga di masa depan. So, mengetahui ‘isi’ (baca: nutrisi) yang kita makan, akan menjadi awal hidup sehat kita sepanjang usia. Inilah empat nutrisi terpenting bagi tubuh yang harus Anda ketahui karena dibutuhkan dalam jumlah besar.

Karbohidrat – Sumber Energi Tubuh.

  • Seperti mobil dan bahan bakar. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tentu sulit bagi kita untuk beraktivitas.
  • Karbohidrat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan kompleks. Keduanya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan kemampuan meningkatkan gula darah yang berbeda.
  • Sebaiknya, pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oat, nasi merah, dan pasta. Selain akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, juga membantu mengontrol keseimbangan kadar gula darah.

Protein – Sang Pembangun!

  • Protein dibutuhkan tubuh sebagai zat pembangun dan pembentuk otot. Karena itulah Anda perlu konsumsi protein untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak karena aktivitas yang padat.
  • Protein dapat ditemukan dari sumber nabati seperti kedelai, kacang-kacangan, tahu dan tempe. Sedangkan sumber protein hewani dapat diperoleh dari daging, telur, dan susu.
  • Lemak – Si Pelindung!
  • Seringkali lemak menjadi kambing hitam. Padahal kita membutuhkannya sebagai cadangan energi dan pelindung organ tubuh. Lemak juga membantu penyerapan vitamin penting A, D, E, K.
  • Pilih lemak baik (lemak tak jenuh) seperti omega 3 dan omega 6 yang banyak terdapat pada ikan, minyak zaitun, kedelai, dan kacang-kacangan. Lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Terbukti kan, selama kita perhatikan jumlah asupan dan jenisnya, lemak juga bermanfaat!

Serat – Bukan Sekedar Pendukung.

  • Makanan tinggi serat seperti whole grain sereal, agar-agar atau jelly, buah, dan sayur terbukti menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kanker kolon. Selain itu, serat pun membantu melancarkan pencernaan.
  • Anda dapat memenuhi kebutuhan serat tiap harinya dengan 2-3 porsi sayur dan 3-5 porsi buah.

Kombinasi seimbang dari nutrisi di atas memberikan kita hidup yang berkualitas. Supaya tidak bosan, variasikan juga makanan Anda supaya hidup sehat Anda lebih menyenangkan. Misalnya, kebutuhan protein tidak hanya bisa didapat dari satu sumber seperti dari daging sapi saja bukan? Selamat mencoba.

0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?