World Diabetes Day 2016: Raise Your Awareness

Tahun ini adalah tahun kedua komunitas Sobat Diabet mengadakan perayaan hari diabetes dunia (World DiabetesDay). Masih mengusung acara serupa, seperti tahun lalu, yakni kompetisi proyek kreatif (Creative Project Competition) dan poster (Public Poster Competition)  yang diikuti oleh lebih dari empat puluh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang dari Aceh, Palembang, Makassar, Bali, dan kota-kota di Pulau Jawa. Setelah melewati proses seleksi ketat oleh tim Sobat Diabet dan tim juri, dipilihlah delapan kelompok sebagai finalis proyek kreatif dan enam finalis kompetisi poster.

Puncak acara final diadakan pada hari Sabtu tanggal 12 November 2016 di NutriHub, Menteng.  Masing-masing peserta telah menyiapkan presentasi dengan durasi maksimal 8 menit untuk dibawakan secara tertutup di hadapan juri. Adapun juri yang hadir saat itu adalah (1) Mardi Wu, CEO PT Nutrifood Indonesia, (2) Evi Trisna (Direktur Gerakan Indonesia Mengajar), dan (3) dr Rudy Kurniawan (founder dari Sobat Diabet).

Selagi menunggu peserta presentasi, tim yang lain mendapat kesempatan untuk mengecek gula darah dan pelatihan singkat untuk mengecek gula darah masing-masing secara mandiri. Peserta juga saling berjejaring, berbagi cerita dan pengalaman mereka. Setelah semua peserta presentasi, acara berikutnya adalah sesi berbagi cerita seputar Sobat Diabet, yang dibawakan oleh Marlene Jane, co-founder Sobat Diabet. Kemudian, dilanjutkan oleh sesi dari Yoga Gembira oleh Akhlis Purnomo. Peserta tampak antusias ketika Akhlis memperagakan berbagai gerakan yoga yang terbilang rumit.

PicsArt_11-12-10.23.55-01

Atas: para pemenang kompetisi; Bawah (kiri ke kanan): Evi Trisna, Rudy Kurniawan, Mardi Wu.

Puncak acara adalah pengumuman kompetisi. Adapun pemenang dari lomba poster adalah: (1) Nabila, (2) Ade, (3) Kurniawan. Nabila mengingatkan para anak muda melalui posternya, yakni satu dari lima diabetesi berusia kurang dari 40 tahun.

Sedangkan pemenang dari proyek kreatif adalah (1) “Monsocks” oleh Erwin, Laksmi, dan Nurpeni dari Universitas Negeri Malang, (2) “Diet Beat Dish” oleh Paramastri, Arlene dan Nabila dari Institut Teknologi Bandung, dan (3) “Enjoy The New Sweet” oleh Ghaziary, Haikal, dan Rafly dari Institut Teknologi Bandung.

Kemanisan HidupWDD_Public Poster_Ade PumaWDD_Public Poster_Kurniawan Wijaya

Public Poster (kiri ke kanan): pemenang 1. Nabila, 2. Ade, 3. Kurniawan

Acara ditutup dengan feedback singkat dari tim juri, penyerahan hadiah, dan foto bersama. Harapannya, acara ini dapat menjadi ajang bagi anak muda untuk menjadi kreatif dalam menciptakan hidup yang lebih sehat. Being healthy is fun!

Sampai jumpa di acara WDD tahun depan. Salam manis untuk sobat semua:)

0 Comments

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?