WDD 2017: Diabetesi Tipe 1 dan Jejaring Komunitas

 

Kali ini Sobat Diabet sedikit merubah konsep perayaan WDD. Bila dua tahun sebelumnya berturut-turut kami mengadakan perlombaan poster dan proyek kreatif untuk mahasiswa senasional, tahun ini kami ingin berbagai cerita dan makna melalui diskusi terbuka dengan teman-teman diabetesi (penyandang diabetes) tipe 1. Bertempat di salah satu coworking space di daerah Cikini, Jakarta Pusat, kami mengundang berbagai rekan dari komunitas maupun organisasi, seperti AMSA, CIMSA, the Leader, Sabang-Merauke, dll. Total peserta sekitar 30 orang, datang untuk duduk bersama, bercerita dan berpikir bersama tentang apa yang dapat kita lakukan untuk membuat teman-teman lebih aware akan ancaman diabetes di generasi muda.

Tentunya, kondisi ini agak sedikit berbeda bagi para diabetesi tipe 1. Mengapa? Karena diabetesi tipe 1 terjadi karena terjadinya diabetes akibat kelainan produksi insulin oleh sel B pankreas, bukan karena serta merta karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun, sebagai sama-sama penyadang diabetes, baik diabetes tipe 1 ataupun 2, tidak banyak yang berbeda dari segi menjaga kesehatan, selain penggunaan insulin yang mutlak bagi diabetesi tipe 1.

Nah, mengapa diskusi kali ini diangkat bersama? Pasalnya, tidak jarang anak muda yang tidak peduli akan kesehatan dan menganggap bahwa diabetes itu penyakit orang tua. Sudah berkoar-koar berkali-kali juga tidak akan mempan jika tidak dimulai dari kesadaran diri sendiri. Mau menggurui, mau pasang iklan layanan juga tidak akan mempan. Kami melihat komunikasi di antara peer group alias teman-teman terdekat dapat menjadi suatu wahana baru untuk memberikan pengaruh positif, apalagi bila salah seorang peer groupnya adalah diabetesi.

Harapan kita, para perwakilan komunitas dapat menjadi penyalur cerita dan pengalaman positif bagi teman-teman di dalam komunitasnya sehingga komunikasi di antara peer group masing-masing dapat berjalan.
Tidak sampai di situ saja, kita akan bekerja sama untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang lebih sehat. Tunggu tanggal mainnya.

0 Comments

©2019 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?