Talkshow Hari Diabetes Sedunia Bersama LKNU

Talkshow Hari Diabetes Sedunia Bersama LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama)

Bulan November memiliki momentum penting dalam Dunia Kesehatan, sejak dicetuskan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2006, tanggal 14 November ditetapkan sebagai Hari Diabetes Sedunia. Kali ini, Sobat Diabet berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara Talkshow Hari Diabetes Sedunia dengan tema “Diabetes dan Keluarga” yang diselenggarakan pada 23 November 2018 di Pondok Pesantren Al Tsaqofah Jakarta Selatan. Acara ini sendiri digagas oleh Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) yang juga didukung oleh World Diabetes Foundation (WDF).

Talkshow yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Al Tsaqofah berfokus pada pengenalan diabetes mellitus kepada para santri yang berjumlah sekitar 300 orang, kepada pihak pengajar di lingkungan pondok pesantren serta para kader LKNU. Selain itu, acara tersebut juga menekankan pentingnya peranan keluarga dalam memberikan dukungan dan menunjukkan kepedulian kepada orang- orang terdekat. Penting untuk memiliki kesadaraan risiko diabetes yang saat ini mengancam seluruh lapisan masyarakat tanpa melihat profil usia. Tak ketinggalan, talkshow ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada masyarakat mengenai besarnya pengaruh dukungan mereka kepada Orang- orang yang Hidup dengan Diabetes (diabetesi).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah dr. H. Ibnu Masud, MARS dari Sobat Diabet yang membagikan informasi mengenai seluk beluk diabetes mellitus, tanda- tanda sekunder orang yang berisiko mengalami diabetes mellitus, serta bagaimana penanganan terhadap penyakit tersebut. Selain itu, Sobat Diabet juga berkesempatan untuk membagikan cerita dan pengalaman Osy, salah satu anggota Sobat Diabet yang juga seorang diabetesi, mengenai kisah awal mula mengetahui dan terdiagnosis diabetes serta bagaimana dia dapat bertahan hingga saat ini dengan kondisi tersebut.

Dalam acara ini juga diundang salah satu perwakilan dari elemen lembaga kesehatan pemerintah daerah Jakarta Selatan, yaitu dr. Nurul Chairani dari Puskesmas Jagakarsa yang membagikan informasi mengenai apa yang telah dilakukan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan dinas terkait untuk mengkampanyekan pentingnya hidup sehat dalam rangka menghidari beberapa penyakit, salah satunya Diabetes itu sendiri serta sejauh mana pemerintah telah berupaya untuk melakukan screening faktor resiko Diabetes kepada masyarakat dan juga program pemerintah terkait penanganan pasien Diabetes.

Pada sesi akhir acara, peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Dalam sesi ini, peserta dan narasumber saling berbagi mengenai langkah mudah untuk menekan risiko diabetes terutama Diabetes Tipe 2 seperti melalui pengaturan pola makan dan juga olahraga yang cukup dalam seminggu. Selain itu juga dibagikan informasi mengenai apa yang dapat dilakukan untuk memberikan dukungan nyata kepada mereka yang berjuang untuk dapat terus hidup sehat bersama dengan diabetes mellitus seperti dengan cara membantu mengingatkan akan pentingnya melakukan cek rutin gula darah serta memberikan semangat kepada mereka untuk terus bersikap positif.

 

0 Comments

©2018 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?