Zumba dan Talkshow di Hari Diabetes Nasional 2019

Zumba dan Talkshow di Hari Diabetes Nasional 2019 bersama AMSA Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada tanggal 18 April, Sobat Diabet kali ini berkolaborasi dengan AMSA (Asian Medical Students’ Association) Indonesia untuk mengisi talkshow bersama dengan dr. Vito A. Damay di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta. Acara ini juga bertepatan dengan National Leadership Training (NLT) 2019 untuk teman- teman AMSA dari seluruh penjuru Tanah air.

Sebagai pemanasan, acara diawali dengan Zumba bersama. Tak hanya dari anggota Sobat Diabet maupun AMSA, Zumba ini diikuti oleh beragam kalangan, tua muda, laki-laki perempuan yang sedang berolahraga di kawasan Pantai Lagoon, ikut bergabung memeriahkan. Setelah Zumba bersama, acara dilanjutkan dengan talkshow seputar diabetes.

Dalam sesi talkshow, Sobat Diabet diwakili oleh dr. Rudy Kurniawan selaku founder dan juga Osy yang merupakan salah satu anggota sekaligus diabetesi (orang yang hidup dengan diabetes). Dipandu oleh dr. Vito, talkshow ini membahas seputar peran komunitas Sobat Diabet dalam membangun kesadaran masyarakat akan resiko dan bahaya penyakit diabetes yang semakin menyasar usia produktif atau generasi muda. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Nasional prevalensi penyakit diabetes yang menyerang generasi muda semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama di kota kota besar seperti Jakarta.

dr. Rudy menambahkan dari banyak kasus yang terjadi belakangan ini, kebanyakan dari pasien mengalami late diagnosed alias telat didiagnosis karena mereka sebelumnya tidak mengetahui profil risiko yang melekat ke masing- masing individu berkaitan dengan gaya hidup dan risiko yang diturunkan. Sebagai akibatnya gangguan kronis sudah menyerang pasien tersebut.

Melalui Sobat Diabet, dr. Rudy juga bercerita mengenai gerakan yang telah dilakukan dalam mengajak generasi muda untuk lebih peduli dan sadar akan risiko diabetes melalui kegiatan- kegiatan yang fun seperti ikut andil dalam talkshow di beberapa media termasuk TV nasional, membuka kesempatan kepada anak muda untuk ikut menjadi bagian dari Sobat Diabet melalui Sobat Diabet Academy yang mengajarkan mereka tentang serba serbi diabetes, pengecekan gula darah, serta beberapa aktivitas sosial lainnya.

Menyambung dari pertanyaan dr. Vito mengenai bagaimana pengalaman hidup dengan diabetes, Osy bercerita tentang kisah awal mengetahui penyakit diabetes yang hadir di tengah-tengah harinya beberapa tahun yang lalu. Dia menggambarkan betapa menyiksanya ketika tanda tanda awal diabetes muncul padanya seperti harus terbangun setiap dua jam sekali saat tidur malam untuk buang air kecil dan rasa haus yang muncul setelahnya. Dia juga berbagi cerita tentang bagaimana komunitas Sobat Diabet dapat membantunya bangkit untuk menerima kondisi ini dan mencoba untuk dapat berbagi cerita kepada orang lain akan kisahnya agar mereka yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes dapat segera terbuka untuk merubah pola hidupnya dan melakukan screening diabetes lebih awal.

Dalam acara tersebut, Sobat Diabet juga diberikan kesempatan untuk bertemu dengan beberapa orang yang juga memiliki cerita yang sama dengan Osy dan memberikan dukungan kepada mereka untuk terus bersikap positif sekaligus tetap menuruti apa yang disampaikan oleh dokter mereka terkait dengan pengobatan dan menjaga pola makan agar gula darah dapat terkontrol.

Rasanya senang sekali saat mengetahui respons positif masyarakat yang mau berkunjung ke booth Sobat Diabet di acara tersebut untuk sekedar berfoto di backdrop yang telah disediakan atau berbincang dengan teman- teman Sobat Diabet yang juga ikut hadir di acara tersebut.

0 Comments

©2019 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?