Sobat Diabet di Hari Komunitas Nasional 2015 : Mari Beraksi Untuk Negeri!

“Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 1000 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” (Bung Karno)

Bukan tanpa alasan jika seorang Bung Karno melontarkan kalimat demikian. Pemuda, golongan masyarakat yang produktif dan penuh semangat, adalah “bahan bakar” bagi perubahan bangsa. Hal Itu tercermin dalam kegiatan Hari Komunitas Nasional (HKN) ke-3 yang digelar Sabtu-Minggu 26-27 September 2015 lalu di Jakarta. Bertempat di Kota Kasablanka Mall, acara community gathering diikuti oleh 57 komunitas anak muda yang bergerak di berbagai bidang dengan satu tujuan: masyarakat Indonesia yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Action For Nation”.

Sebagai komunitas yang memiliki kesamaan tujuan, Sobat Diabet ikut serta dalam kegiatan berkonsep community booth ini. Dengan berkostum putih cerah dan senyum manis yang mengembang, kami menyapa dan melayani setiap orang yang berkunjung ke booth. Di booth Sobat Diabet, pengunjung bisa melakukan cek gula darah gratis, serta mendapat informasi mengenai diabetes seperti faktor risiko, penyebab, gejala, komplikasi, dan yang lebih penting tentu saja langkah pencegahannya. Sobat Diabet juga dengan senang hati menyambut pengunjung yang tertarik untuk bergabung sebagai volunteer.

Diabetes seringkali identik dengan orang tua atau lansia, namun tidak sedikit lho anak muda yang mendatangi booth kami untuk mengetahui lebih dalam tentang diabetes. Salah satunya April, selama ini ia hanya tahu jika diabetes adalah penyakit dengan berbagai macam komplikasi, tapi belum tahu apa saja gejala-gejalanya. Ada juga Frendy, yang kakeknya adalah seorang penyandang diabetes. Walaupun kadar gula darahnya normal ketika dilakukan pengukuran di booth kami, ia mengaku cukup khawatir dirinya akan mengalami diabetes di masa mendatang. Maka Sobat Diabet menganjurkan Frendy untuk menjaga pola hidup sehat agar dapat terhindar dari diabetes.

Secara umum, kegiatan yang diprakarsai oleh Indonesia Community Network (ICN) ini sangat membantu Sobat Diabet untuk menyebarkan informasi lebih luas mengenai diabetes. Masih banyak orang yang kurang mengetahui informasi tentang diabetes terutama dalam pencegahan. Padahal ini sangat penting tidak hanya bagi diri mereka sendiri tetapi bagi keluarga dan orang-orang terdekat mereka.

20150926_120415

Pengunjung yang sudah sangat lama atau bahkan belum pernah melakukan cek kadar gula darah sangat antusias dengan fasilitas cek gula darah gratis di booth kami. Kuota sebanyak 90 orang pun langsung terpenuhi di Minggu siang. Momen ini berguna untuk mengingatkan agar melakukan cek gula darah secara rutin terutama bagi mereka yang memiliki faktor resiko diabetes.

IMG-20150927-WA0015

Selain pengunjung umum, banyak juga rekan-rekan dari komunitas lain yang mendatangi booth Sobat Diabet. Rata-rata dari mereka ingin tahu apa saja sih aktivitas yang selama ini dilakukan oleh kami. Banyak dari mereka tertarik untuk bekerjasama dengan kami seperti mengajak memberikan penyuluhan atau pendampingan tentang diabetes di kegiatan mereka. Tentu saja dengan senang hati kami membuka kesempatan berkolaborasi seluas-luasnya.

20150926_152503

Kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan puluhan komunitas anak muda ini juga bermanfaat untuk meningkatkan eksposure Sobat Diabet bagi komunitas lain maupun khalayak umum. Ke depannya, hubungan baik dan jaringan relasi yang terbangun melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyokong Sobat Diabet menebarkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia. Let’s take action for the nation!

20150926_161120

0 Comments

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?