Sobat Diabet Academy Batch 5

Sobat Diabet Academy Batch 5

Foto bersama relawan dan pengurus

Awal tahun ini, tepatnya pada tanggal 12 Januari 2019 telah diadakan Sobat Diabet Academy yaitu Basic Course batch 5. Sebelumnya pada periode 27 November-8 Desember 2018 dibuka pendaftaran relawan batch 5 dan hasilnya terkumpul sekitar 450 orang dari seluruh wilayah Indonesia. Acara Sobat Diabet Academy ini merupakan acara perdana sebagai relawan komunitas Sobat Diabet batch 5 yang telah mendaftar. Berlangsung di GoWork Menara Rajawali, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri dengan antusias para relawan baru, bahkan ada beberapa relawan dari luar Jakarta yang sengaja datang untuk menghadiri Sobat Diabet Academy.

Tidak hanya berlatar belakang kesehatan, relawan berasal dari berbagai latar belakang yang memiliki cerita masing – masing mengenai penyakit diabetes. Relawan memiliki saudara, orang tua, teman, bahkan yang sudah didiagnosis penyakit diabetes. Tentunya relawan yang tergabung dalam komunitas ini adalah mereka yang mau berubah menjadi lebih sehat dan peduli terhadap pencegahan diabetes, salah satunya dengan memulai gaya hidup sehat yang dikemas dengan cara yang lebih menyenangkan.

Sobat Diabet Academy ini terdiri dari rangkaian acara yang menambah wawasan baru dan teman baru, serta pengalaman baru sebagai bekal untuk berkontribusi menjadi relawan Sobat Diabet nantinya. Diawali dengan sesi perkenalan dan ice breaking, panitia memberikan game yang cukup menguji konsentrasi para relawan. Selanjutnya, diberikan pembekalan kepada para relawan mengenai penyakit diabetes mulai dari apa itu diabetes, jenis diabetes, komplikasi yang mungkin terjadi pada diabetes. Tidak hanya itu, dijelaskan juga aktivitas fisik untuk mencegah diabetes dan dikenalkan juga nutrisi yang baik untuk mencegah diabetes seperti porsi yang baik untuk gula, garam, dan lemak sebagai salah satu faktor pencetus terjadinya diabetes mellitus tipe 2. Para pemateri merupakan para dokter dan ahli gizi yang berkompeten di bidangnya.

Antusiasme para relawan mendengarkan briefing awal di ice breaking

Suasana kelas Sobat Diabet Academy

 

Selain materi-materi yang menarik ini, relawan baru juga diajarkan bagaimana tata cara dalam membaca tabel nutrition fact pada makanan kemasan agar generasi muda dapat mengetahui kadar kalori, gula, garam, lemak dan berbagai nutrisi lainnya yang hendak dikonsumsi serta tidak terjerumus akibat salah menginterpretasi data. Nah serunya, para relawan berkesempatan untuk praktik mengecek kadar gula darah sendiri menggunakan glukometer, cara yang paling mudah dan murah untuk mengetahui seseorang terkena diabetes atau tidak.

Workshop berkelompok terkait nutrition fact dan pengecekan kadar gula darah mandiri.

Di akhir rangkaian acara, dijelaskan lebih mendalam pembagian tugas maupun partisipasi sebagai relawan di Komunitas Sobat Diabet serta informasi acara (upcoming event) yang akan dilaksanakan untuk satu tahun kedepan. Relawan diberikan tugas untuk masing – masing divisi yang telah dipilih. Divisi terdiri dari Event, Content Writer, Graphic Designer, dan Social Media. Acara ditutup dengan terpilihnya koordinator masing-masing divisi di batch 5, Nanda sebagai overall coordinator relawan batch 5, Ade dan Isti sebagai event coordinator , Michael sebagai social media coordinator, Silvie sebagai koordinator graphic design coordinator dan Idha sebagai content writer coordinator.

Harapannya, generasi muda lebih semakin peduli terhadap kesehatan, terutama dalam usaha pencegahan diabetes karena mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Sampai jumpa di event berikutnya.

 

Sebagian pengurus dan relawan baru

0 Comments

©2019 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?