SERAT: LEBIH DARI SEKEDAR PELANCAR PENCERNAAN!

Seringkali – terutama karena iklan di televisi – kita menganggap serat hanya sebagai pelancar buang air saja! Serius, serat lebih dari itu. Nutrisi yang didapatkan dari buah dan sayur ini terbukti menurunkan risiko obesitas, jantung, bahkan kanker kolon dan diabetes. Selain dari buah dan sayur, ada juga beberapa sumber makanan tinggi serat yang bisa dijadikan menu sehari-hari:

serat

Bagi Anda yang berusia di bawah 50 tahun, disarankan konsumsi 38 gram serat per hari (untuk pria) dan 25 gram serat per hari (untuk wanita). Sementara, untuk yang berusia 50 tahun ke atas, disarankan konsumsi 30 gram serat per hari (untuk pria), dan 21 gram serat per hari (untuk wanita).

Secara khusus kami juga akan memberikan tambahan bahasan khusus mengenaioat. Mengapa? Karena makanan yang satu ini mengandung serat beta-glukan yang memberi manfaat terutama bagi diabetes seperti:

  • Penderita diabetes memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih besar dibanding yang tidak. Oat membantu menurunkan total kolesterol, terutama yang ‘jahat’ (LDL), sehingga risiko terkena penyakit jantung pun semakin jauh!
  • Serat dalam oat juga membantu mengendalikan kadar gula darah Anda dengan cara menunda penyerapan gula dan lemak di usus halus.

Jadi, bagaimana kebutuhan serat Anda hari ini?

0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?