Kepoin Yuk! Teknologi Bagi Diabetes di Masa Mendatang

Kepoin Yuk! Teknologi Bagi Diabetes di Masa Mendatang

dr. Elisabeth Susianiwati

 

Happy Independence Day diabetesi! Di tengah pandemi Covid-19, semoga semangat kemerdekaan masih terus membara di hati kita. Tentunya, banyak harapan untuk Indonesia agar semakin baik dan maju di masa mendatang. Berbicara mengenai harapan, apa sih harapan diabetesi di masa mendatang? Pernahkan terbayang di benak mengenai suatu kemajuan teknologi yang memberi warna baru?

Seperti yang kita tahu, diabetes merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikontrol. Pemeriksaan gula darah berkala, modifikasi gaya hidup dan menggunakan obat teratur telah menjadi rutinitas yang tidak dapat ditinggalkan. Walaupun demikian, tidak semudah yang dibayangkan dalam menjalani serangkaian rutinitas tersebut. Kesungguhan dan semangat yang kuat diperlukan agar segala rutinitas terimplementasikan. Tidak dipungkiri pula jika hal ini seringkali mencetuskan kejenuhan dan stres. Oleh karena itu berbagai inovasi dalam teknologi terus dikembangkan untuk memudahkan dan memfasilitasi diabetesi di masa mendatang. Bagi diabetesi, yuk kepoin teknologi apa aja sih di masa mendatang.

1. Pankreas Artifisial

Insulin injeksi menjadi suatu kebutuhan mutlak yang harus dilakukan diabetesi tipe 1.  “Pankreas artifisial” tentunya dapat menjadi alat terobosan baru. Penemuan ini diharapkan mampu mengontrol gula darah lebih baik dan mengurangi komplikasi daripada penggunaan insulin. Alat terdiri dari insulin pump, continuous glucose sensor dan perangkat monitor mobile. Continuous glucose sensor akan memonitor kadar gula darah dan mengirim informasi ke monitor, disisi lain insulin pump akan menginjeksikan insulin sesuai kebutuhan.

Sumber: https://www.diabetes.co.uk/artificial-pancreas.html

Digital Contact Lens

Lensa kontak ternyata tidak melulu hanya soal penyakit mata maupun untuk estetik. Sebuah digital contact lens sedang dikembangkan untuk pemeriksaan non-invasif dan pengobatan retinopati diabetik. Pengembangan dilakukan dengan microchip yang mampu mendeteksi kadar gula dalam air mata dan pengukuran tekanan bola mata. Inforrmasi yang di dapat, lalu ditampilkan ke perangkat mobile.  Adapun keunggulannya lainnya, yaitu dapat mengontrol pengiriman obat untuk terapi retinopati diabetik.

Sumber: https://www.researchgate.net/figure/Figure-Showing-Googles-Recently-Launched-Smart-Contact-Lens-17_fig5_319401308

3. Wireless Blood Glucose Monitor

Pemeriksaan gula darah pada umunya dilakukan secara invasif dengan mengambil sampel darah. Bayangkan saja, hal ini tentu tidak nyaman bagi diabetesi jika dilakukan secara berulangkali. Perangkat wireless blood glucose monitor dikembangkan dengan menggunakan sebuah sensor yang mengukur gula dalam cairan intersitial (cairan di luar sel). Penggunaan alat ini hanya perlu menempelkan patch sensor ke lengan atas. Dalam hitungan menit, infomasi kadar gula darah akan dikirimkan ke perangkat mobile. Pemantauan secara berkala juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat ini.

Sumber : https://www.freestylelibre.us

4. Glucowise

Perangkat ini merupakan alat yang sedang dikembangkan untuk melakukan cek gula darah secara non-invasif. Pengukuran kadar gula darah dilakukan dengan sensor yang memanfaatkan gelombang radio dan dipercaya lebih akurat. Penggunaan alat ini hanya perlu dilakukan dengan menempatkan alat pada sela ibu jari dan jari tengah. Infomasi kadar gula darah akan disajikan ke perangkat mobile.

Sumber: https://gluco-wise.com

5. Food Scanner

Kesulitan terbesar bagi diabetesi adalah melakukan pemilihan dan pengaturan makanan yang tepat. Berapa kalori? Berapa kandungan gula? Pikiran ini selalu menghantui diabetesi ketika mengkonsmsi suatu makanan. Food scanner dapat mengatasi segala kecemasan dengan fitur yang menarik. Perangkat ini dapat mengetahui berapa takaran gula atau presentasi alkohol dalam minuman. Pengembangan teknologi terbaru sedang digalakan agar dapat mengukur bahan spesifik dan kandungan makronutrien dalam makanan.

Sumber: https://medicalfuturist.com/food-scanners/

 

 

0 Comments

©2020 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?