Karbohidrat Sumber Energi Tubuh

  • Seperti mobil dan bahan bakar. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tentu sulit bagi kita untuk beraktivitas.
  • Karbohidrat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan kompleks. Keduanya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan kemampuan meningkatkan gula darah yang berbeda.
  • Memilih karbohidrat yang tepat adalah salah satu solusi terbaik untuk meninggalkan risiko diabetes! Pada dasarnya karbohidrat dibagi menjadi dua seperti tertera di tabel di bawah ini:

karbo1

Untuk lebih mengenal apa itu Glycemic Index dan Glycemic Load, cek artikel Panduan Makanan Diabetesi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lebih dari 5 porsi nasi putih dapat meningkatkan risiko diabetes. Sebaliknya, konsumsi nasi merah dapat membantu menurunkan resikonya.

Mie dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Sementara, pasta, yang termasuk karbohidrat kompleks, memiliki nilai GI rendah sehingga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 serta membantu mempertahankan berat badan ideal.

Kadar gula tersembunyi dalam minuman serta makanan siap saji seperti soft drink, cemilan, coklat, permen, dan sebagainya membuat konsumsi gula menjadi berlebih yang dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan sebagainya. Ganti gula dengan pemanis pengganti gula rendah kalori untuk mengontrol asupan kalori dan mencegah asupan gula berlebih.

Ganti roti tawar dengan roti gandum untuk membantu mengontrol kestabilan gula darah. Selain itu, roti gandum yang kaya serat mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Sebagai snack, buah dan salad sayuran merupakan pilihan yang lebih sehat!

 

0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?