KARBOHIDRAT SEDERHANA VS KARBOHIDRAT KOMPLEKS

Bukan hanya perkara memilih pasangan saja yang harus kita lihat tipe dan sifatnya sehingga mendapatkan yang terbaik. Ternyata, karbohidrat pun memiliki jenis yang berbeda. Tiap hari kita makan karbo seperti nasi, mie, sampai pasta, tanpa sadar jenisnya. Lalu, perbedaannya apa?

Tanpa sadar, karbohidrat sederhana misalnya seperti nasi putih, mie, kentang, dan gula pasir menjadi favorit masyarakat Indonesia. Karbohidrat sederhana, tentu jika berlebihan, tidak hanya membuat tubuh kita melar, tapi juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Ya, Diabetes!

Konsumsi karbohidrat sederhana umumnya akan membuat kadar gula dalam darah Anda akan naik dengan cepat yang akan meningkatkan risiko penyakit yang sering juga disebut kencing manis.

Keadaan tersebut di atas juga diperparah dengan pola makan masyarakat Indonesia yang seringkali konsumsi karbohidrat berlebih seperti makan nasi putih dengan mie instan (ya, keduanya karbohidrat). Tentunya ini akan semakin membuat risiko terkena obesitas dan diabetes semakin tinggi!

Lalu bagaimana dengan karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks yang bisa Anda dapat dari beras merah, roti gandum, ubi, oat, atau pasta ini memiliki kasino manfaat yang lebih baik seperti:

  • Lebih lama diubah jadi glukosa sehingga tidak akan menaikkan gula darah dalam tubuh secara signifikan!
  • Memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding karbohidrat sederhana dan juga mengandung nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.
  • Lebih lambat dicerna dan diserap tubuh. Efeknya, selain memberikan rasa kenyang lebih lama, ini juga akan membantu mengontrol keseimbangan kadar gula darah tubuh yang akan menjauhkan risiko diabetes dari Anda.

Bagi Anda yang sulit meninggalkan karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau mie karena sudah menjadi kebiasaan, jaga asupannya tetap terkontrol! Tapi, mulai biasakan ganti dan perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, karena ini pilihan yang terbukti ‘lebih setia’ sebagai soulmate tubuh Anda!

0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?