Intermezzo: Diabetes, yang Muda Juga Mesti Waspada

Live di INews TV

Sobat Diabet berkesempatan untuk berbagi cerita seputar diabetes di Intermezzo, INews TV. Bertepatan dengan peringatan hari diabetes internasional, dr Rudy, mewakili Sobat Diabet, menjadi narasumber acara Intermezzo dengan tema “Diabetes, yang muda juga mesti waspada”

Di acara ini Sobat Diabet mengulas tipe diabetes, bagaimana mengenal gejala diabetes sejak awal serta penanganan termasuk komplikasinya. Namun, yang terpenting adalah bagaiamana mencegahnya. Seperti kita ketahui bersama, diabetes di Indonesia menurut data International Diabetes Foundation (IDF) menempati peringkat ke 7 dan setiap tahun diproyeksi semakin meningkat, sayangnya ini bukan peringkat yang patut dibanggakan. Selain jumlah yang semakin meningkat, diprediksi anak muda semakin banyak yang terkena diabetes karena perubahan gaya hidup.

Muncul pertanyaan, apakah mereka yang memiliki orang tua diabetes pasti terkena diabetes? Tentu tidak. Begitu pula sebaliknya mereka tanpa riwayat keluarga diabetes bisa terkena diabetes. Penyebab diabetes adalah multifaktorial, alias banyak penyebab.

Hadir pula Elfi Yasin, diabetesi tipe 1 dari Persadia Muda. Elfi menceritakan bagaimana kisahnya pertama kali didiagnosis mengalami diabetes tipe 1 dan perjuangannya menggunakan insulin. Di Intermezzo, Elfi juga mendemostrasikan pemeriksaan gula darah menggunakan glukometer serta pengecekan gula darah secara real time yang tertanam di kulitnya.

Ke depannya, Sobat Diabet berharap agar teman-teman semua lebih sadar untuk berperilaku sehat, bukan karena paksaan, tetapi karena memang menjadi gaya hidup. Sebagai generasi muda juga mesti waspada ya.

Salam manis.

 

0 Comments

©2018 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?