Ada Gak Sih Gula yang Aman Bagi Diabetesi? Tentu Saja Ada!

Ada Gak Sih Gula yang Aman Bagi Diabetesi? Tentu Saja Ada!

dr. Cynthia Nathania Setiawan

Love and hate relationship antara gula dan diabetesi memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Kemenkes RI merekomendasikan asupan gula per hari tidak melebihi 54 gram (4 sendok makan) untuk orang sehat. Bagi diabetesi, jumlah gula yang dikonsumsi tidak diperkenankan melebihi 5% dari jumlah kalori per hari. Saat ini, banyak pemanis alternatif/ gula pengganti bagi diabetesi. Banyak pula produk yang memberi label “less sugar” atau “sugar free”. Ada pula yang mengganti gula dengan pemanis alami dan buah-buahan. Apakah benar produk-produk tersebut aman dikonsumsi bagi diabetesi?

Apakah pemanis buatan/ produk gula pengganti boleh dikonsumsi oleh diabetesi?

American Diabetes Association merekomendasikan beberapa pemanis buatan yang aman dikonsumsi bagi diabetesi yaitu: sakarin, neotame, acesulfame K, aspartam, sucralose, advantame, stevia, dan luo han guo (buah monk). Pemanis buatan memiliki tingkat rasa manis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gula pasir, namun tidak memiliki kalori tambahan. PERKENI menyatakan bahwa pemanis alternatif aman digunakan selama tidak melebihi Accepted Daily Intake (ADI).

pemanis alternatif Accepted Daily Intake (ADI) Tingkat kemanisan

(dibandingkan gula pasir)

Sakarin 15 mg/kgbb 200-700 x
Neotame 0,3 mg/kgbb 7.000-13.000x
Acesulfame K 15 mg/kgbb 200x
Aspartam 50 mg/kgbb 200x
Sucralose 5 mg/kgbb 600x
Advantame 32,8 mg/kgbb 20.000x
Stevia 4 mg/kgbb 200-400x
Luo Han Guo (buah monk) Tidak spesifik 100-250x

Sobat diabet dapat menemukan kandungan pemanis buatan pada kemasan produk gula pengganti. Pastikan pemanis buatan yang dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi diatas.

Apakah produk “less sugar” dan “sugar free” aman bagi diabetesi?

Sobat , pernahkah anda membeli produk yang berlabelkan “sugar free” atau “less sugar“? Apakah perbedaan kedua label tersebut? Apakah dapat dijadikan upaya alternatif untuk mengurangi gula?

Sugar free adalah produk dengan kandungan gula <5%

Sedangkan less sugar adalah produk dengan kandungan gula 25% lebih rendah dibandingkan dengan varian originalnya.

Perlu diingat bahwa produk- produk tersebut juga tetap memiliki kandungan kalori.  Jadi, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi produk tersebut sebagai alternatif, harus kita cermati apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kalori dan gula per hari sobat diabet.

Apakah pemanis alami dan buah-buahan boleh dikonsumsi secara bebas bagi diabetesi?

Pada prinsipnya, pemanis alami dan buah-buahan dengan indeks glikemik <55 aman dikonsumsi oleh diabetesi. Indeks glikemik merupakan angka yang menginformasikan suatu makanan akan diserap dan meningkatkan kadar gula kita secara cepat atau lambat. Indeks glikemik bervariasi mulai dari 0 (air) -100 (gula murni). Indeks glikemik< 55 dimiliki oleh buah-buahan seperti apel, pir, stroberi, anggur, dan jeruk. Sedangkan buah mangga, pepaya, semangka, dan kurma memiliki indeks glikemik yang tinggi. Pemanis alami seperti madu,sirop mapel, dan gula kelapa juga memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga akan menaikkan gula darah dengan cepat.

Pemilihan gula pengganti bagi diabetesi harus dilakukan dengan seksama dan selalu dikonsultasikan ke dokter agar gula darah tetap terkontrol. Jadi bagaimana sobat ? Sudah menentukan produk pemanis yang terbaik bagi kamu?

 

0 Comments

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?