Biaya Diabetes

Biaya Perawatan Diabetes Mellitus

Di negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris, perawatan diabetes mellitus ditanggung oleh asuransi negara. Di Amerika, perlindungan asuransi diberikan mulai dari usia kanak-kanak, dewasa muda, hingga obat-obatan diabetes untuk para penderita. Asuransi meliputi biaya pencegahan, seperti skrining diabetes pada dewasa dengan tekanan darah tinggi, kolesterol, skrining dan konseling obseitas, skrining diabetes pada wanita hamil, terapi nutrisi dan pelayanan pencegahan pada anak-anak.

Di Inggris, sejak tahun 1947 biaya tanggungan diabetes mellitus telah mencapai setidaknya 1 juta poundsterling (USD 1,5 juta / lebih dari 15 Triliun Rupiah) setiap jamnya dan mencapai  £9 Triliun per tahun. Angka yang tercatat adalah biaya pada tahun 2011 dengan jumlah penderita diabetes mencapai 2,9 juta.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Biaya pengobatan pasien diabetes telah dibantu dengan sistem Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Akan tetapi, saat ini BPJS baru mengatur regulasi pengambilan obat diabetes mellitus di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Dengan menggunakan Sistem Program Rujuk Balik (PRB) obat-obatan diberikan oleh apotek atau depo farmasi dan diberikan kurang dari 30 hari.

©2018 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?