BERSAHABAT DENGAN LEMAK BANTU KONTROL KOLESTEROL

Fakta penting bersahabat dengan lemak bantu kontrol kolesterol

Hah, bisakah kita bersahabat dengan lemak? Apa kabar skinny jeans atau blazer saya nanti? Dan masa lemak bantu kontrol kolesterol? Mustahil!

Ya, lemak memang seringkali dijadikan kambing hitam untuk berbagai hal negatif mulai dari urusan tubuh yang melebar (baca: menggemuk!) sampai penyakit seperti jantung, stroke, dan sebagainya. Padahal, tidak semuanya lemak jahat lho! Oke, supaya tidak bingung, kita bagi lemak jadi dua:

1. Lemak Jahat

  • Lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat pada jeroan, gorengan atau makanan yang melalui proses deep fried, dan juga pada daging merah.
  • Lemak yang ini layak kita hindari karena akan meningkatkan total kolesterol, terutama kolesterol “jahat” (LDL) yang memicu penumpukan plak di pembuluh darah yang mengakibatan stroke dan penyakit jantung!
  • Jika Anda mengonsumsi menu yang mengandung lemak jenuh, batasi kurang dari 15 gram per hari! Inilah list makanan mengandung lemak jenuh yang sering kita temui.

2. Lemak Baik

  • Lemak baik ini contohnya adalah omega 3 dan omega 6 yang banyak terdapat pada ikan, kedelai, dan kacang-kacangan.
  • Inilah lemak yang sebaiknya kita jadikan ‘partner’ dalam menu makan Anda. Lemak “baik” seperti asam lemak tak jenuh ini dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL)dalam tubuh!
  • Selain itu, lemak baik justru akan meningkatkan kolesterol “baik” HDL yang justru mencegah pembentukan plak di pembuluh darah sehingga risiko datangnyapenyakit seperti stroke dan jantung pun semakin jauh!

Agar lebih mudah dalam memilih mana yang baik dan tidak untuk bantu jaga kolesterol dalam tubuh Anda, kami membuat daftarnya untuk Anda!

0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?