Aktif Lindungi Keluarga dari Diabetes: Talkshow dan Olahraga di Stasiun MRT

Aktif Lindungi Keluarga dari Diabetes

Talkshow dan Olahraga di Stasiun MRT

 

Sesi Talkshow. (kiri ke kanan): dr Rudy Kurniawan (founder Komunitas Sobat Diabet), dr Suria Nataatmadja (Medical Affairs Director MSD Indonesia), Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE (Ketua Persadia Wil Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok), dr Dwi Oktavia Handayani, M. Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta) dan Ahmad Pratomo (Head of Corporate Communication Department PT MRT Jakarta)

Meningkatnya jumlah penderita Diabetes tipe 2 saat ini di Indonesia semakin banyak bila dibandingkan dengan Penyakit Diabetes Tipe 1 yang berkisar sekitar 5%. Menurut penelitian, Jakarta merupakan Provinsi di Indonesia yang jumlah penderita diabetesnya semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan rata-rata yang terkena diabetes tipe 2 di bawah usia 40 tahun (usia produktif) dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, seperti berkurangnya aktivitas fisik dan konsumsi beragam makanan yang tidak sehat.

Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Internasional dan Bulan kesadaran Diabetes Dunia, Sobat Diabet berkolaborasi dengan Merck Sharp Dome (MSD) Indonesia, kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrin Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) dan MRT mengadakan Talk Show kesehatan sekaligus olahraga bersama yang bertajuk #LindungiKeluargadariDiabetes di Taman MRT BNI Dukuh Atas pada hari Sabtu 30 November 2019.

Acara kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes ini bertujuan untuk mengajak seluruh keluarga Indonesia supaya mengetahui faktor risiko terjadinya diabetes serta meningkatkan kesadaran terhadap diri sendiri dan keluarga untuk dapat berperan aktif dalam penanganan, pencegahan dan edukasi terhadap diabetes.

#hands4diabetes tim Sobat Diabet dan para peserta

Acara yang dimulai pukul 08.00 dan diawali dengan registrasi peserta dan pemeriksaan kesehatan secara gratis dari Puskesmas Palmerah Jakarta. Pemeriksaan ini berguna untuk deteksi dini risiko diabetes yaitu dengan pengecekan berat badan, tekanan darah, kadar gula darah, ukur lingkar pinggang dan terakhir konsultasi dengan dokter. Dengan adanya program posbindu di harapkan kita bisa menerapkan hidup sehat sesuai dengan slogan dari Dinas Kesehatan “penerapan perilaku CERDIK” yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet yang seimbang, istirahat cukup dan Kelola stres.

Olahraga bersama di Taman Stasiun MRT Dukuh Atas

Menurut Prof Mardi ada beberapa hal cara menghindari diabetes di antaranya hindari obesitas, aktivitas fisik dengan olahraga ataupun senam, periksa kesehatan secara teratur, gaya hidup sehat dengan hindari fast food, dan terakhir hindari stres. Untuk orang yang sudah terkena diabetes, harus mampu mengendalikan diabetesnya dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga dan meminum obat seumur hidupnya untuk menghindari munculnya komplikasi. Bagi yang memiliki keluarga dengan diabetes, faktor risiko yang diturunkan hanya berkisar 28%, sisanya karena gaya hidup dan gangguan metabolisme.

Di lain pihak, Tim MRT juga turut mendukung gerakan sehat, yakni dengan rutin mengadakan sosialisasi kepada masyarakat khususnya anak muda agar menggunakan tangga. Menurut penelitian, dengan aktif bergerak, kita dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Seperti yang dijelaskan oleh Pak Ahmad Pratomo selaku Head Of Corporate Communication Departemen PT MRT Jakarta bahwa fasilitas lift di MRT itu hanya untuk golongan prioritas yaitu orang lanjut usia, ibu hamil dan penyandang disabilitas. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang malas bergerak dan memilih menggunakan lift. Adapun bentuk dukungan MRT dalam kampanye #Lindungi KeluargadariDiabetes ini adalah dengan memasukan media komunikasi dan edukasi di dalam stasiun MRT. Harapannya, masyarakat yang melihat informasi tersebut akan aware dengan diabetes.

Osy dan Richa sedang berbagi pengalamannya tentang diabetes

Dan… yang tak kalah penting adalah peran komunitas yang juga sebagai keluarga untuk terus saling mengingatkan agar senantiasa hidup sehat. Tak hanya mengingatkan, tetapi juga melakukan tindakan nyata. Dalam kesempatan ini, relawan Sobat Diabet, yakni Osy dan Richa berbagi cerita tentang diabetes. Richa, memiliki ayah dengan diabetes, bercerita suka duka dalam memerangi diabetes. Richa berharap tidak ada lagi anggota keluarga maupun kerabatnya yang terkena diabetes. Kemudian, Osy, penyandang diabetes, bercerita bagaimana berjuang hidup dengan diabetes. Nyatanya, Osy dapat mengontrol diabetesnya dengan baik dan  sampai saat ini masih bisa aktif bekerja, berorganisasi, tidak berbeda dari yang nondiabetes.

Menjadi sehat itu bukan sebatas kewajiban, tetapi juga gaya hidup kita sehari-hari, yuk mulai hidup sehat dan #LindungiKeluargadariDiabetes.

#LindungiKeluargadariDiabetes

 

Poster Lindungi Keluarga dari Diabetes

0 Comments

©2020 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?