3 J – STRATEGI MUDAH MENGATUR POLA MAKAN SEHAT

Know Your Meal Plan: 3J! Prinsip Utama Pola Makan Diabetesi!

Siapa bilang kalau terkena diabetes kita tidak bisa beraktivitas normal dan berprestasi. Kuncinya ada di pola makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi sehingga kebutuhan insulin pun mencukupi! Dalam mengatur pola makan untuk penderita diabetes, prinsipnya adalah 3J yaitu:

  1. Jumlah
    Jumlah makanan yang dikonsumsi disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, jenis aktivitas, dan juga umur. Anda dapat menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan panduan di kebutuhan kalori harian.
  2. Jenis
    Penyusunan makanan untuk penderita diabetes mencakup karbohidrat, protein, lemak, serta buah-buahan dan sayuran. Penting! Kebutuhan gizi harus dipenuhi dengan menu yang tepat sehingga tidak menaikkan gula darah!

Rule of thumb untuk pengaturan pola makan diabetes dalam sekali makan mencakup:

  • ½ bagiansayuran(bayam, sawi hijau, wortel, dansebagainya)
  • ¼ bagian karbohidrat (terutama dengan nilai Indeks Glikemik rendah, contoh: nasi merah, oat, dsb)
  • ¼ bagian lauk (daging, ikan, tempe, tahu, putih telur, dsb)

Adapun pengaturan makan demikian dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari sembari membantu mengontrol kadar gula darah.

  1. Jadwal
    Yaitu waktu makan tetap mencakup makan pagi, makan siang, makan malam, dan makanan selingannya. 

Mengapa perlu makan lebih sering?

  • Membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dengan frekuensi lebih sering (5-6x per hari) lebih efektif untuk menjaga gula darah terus berada dalam batas normal.
  • Dengan membagi waktu makan menjadi porsi kecil tetapi sering, karbohidrat dicerna dan diserap secara lebih lambat dan stabil. Kenaikan gula darah dan kebutuhan insulin pun menjadi lebih rendah. Sensitivitas insulin jadi meningkat sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lebih baik.
  • Penelitian bahkan menunjukkan bahwa membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dapat menurunkan kadar asam lemak, kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh, sehingga bisa membantu mencegah komplikasi diabetes.
0 Comments

Leave a reply

©2021 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?