10 Persiapan Wajib Sebelum Olahraga

Sebelum melakukan olahraga, ini adalah 10 tips untuk menjalani olahraga yang sehat dan nyaman:

  1. Untuk permulaan, diskusikan tipe olahraga dengan tim kesehatan untuk memilih olahraga yang tepat dengan kondisi kesehatanmu.
  2. Warming-up 5 menit sebelum olahraga dan cooling down selama 5 menit. Intensitas untuk warming up dan cooling down adalah lebih rendah dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan. Tujuannya adalah meningkatkan aliran darah dan menjaga ketahanan sendi.
  3. Hindari olahraga di tempat dengan temperature ekstrim, lebih baik olahraga di dalam ruangan (indoor)
  4. Minum air yang cukup sebelum, saat, dan setelah olahraga untuk mencegah dehidrasi
  5. Selalu membawa cadangan karbohidrat jika sewaktu-waktu anda merasakan lemas (gula darah menurun). Hal ini perlu diperhatikan jika anda sedang dalam terapi insulin atau penderita diabetes tipe 1.
  6. Jika anda berolahraga untuk waktu yang cukup lama (lebih dari 1 atau 2 jam), sediakanlah minuman khusus dengan karbohidrat. Namun perhatikan kandungan gizi yang tertera, dan tetap konsumsi air mineral untuk mencegah kenaikan gula darah akibat minuman tersebut.
  7. Gunakan tanda pengenal medis seperti gelang, kalung, atau registrasi medis sehingga pada keadaan darurat dapat mengenali anda sebagai penderita diabetes atau bawa handphone untuk menghubungi kontak emergensi anda.
  8. Olahraga yang dilakukan harus menyegarkan namun tidak boleh menyiksa anda. Apabila dirasakan anda sulit bernapas atau bicara, maka anda harus memperlambat olahraga tersebut.
  9. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih dan pas ukuran. Untuk tipe olahraga beban seperti jogging, gunakanlah sepatu dengan gel silica atau sol tengah sebagai bantalan untuk mengurangi tekanan pada aki dan sendi. Hindari penggunaan kaos kaki berbahan katun
  10. Periksakan kaki anda sebelum aktivitas karena kemungkinan adanya lecet dan tanda-tanda iritasi.
0 Comments

©2019 Sobat Diabet. Web Development by POCIX

Forgot your details?